DPMPTSP Babel Laksanakan Kegiatan P3M di Belitung

TANJUNG PANDAN - Guna mendukung tata kelola perizinan pelaku usaha Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan kegiatan Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal (P3M) Tahun Anggaran 2022. 

Kegiatan P3M bagi pelaku usaha di Kabupaten Belitung  berlangsung pada 26 hingga 28 Juli 2022 itu, dikoordinir langsung Kepala DPMPTSP Babel, Darlan melalui Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya DPMPTSP, Ermedi. 

Ermedi mengatakan kegiatan ini bertujuan mengarahkan pelaku usaha PMA dan PMDN untuk mematuhi ketentuan terkait pelaksanaan penanaman modal yang telah ditetapkan Pemerintah pusat melalui Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM RI). 

"Selain itu, Kami (DPMPTSP Babel- red ) intens mengimbau pelaku usaha di Babel, khususnya di wilayah Kabupaten Belitung untuk mematuhi ketentuan yang berlaku terkait penyampaian dokumen Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM)," kata Ermedi. 

LKPM, dikatakan Ermedi, merupakan kewajiban seluruh pelaku usaha terkait realisasi penanaman modal, realisasi tenaga kerja, realisasi produksi termasuk nilai ekspor, kewajiban kemitraan dan kewajiban lainnya terkait pelaksanaan penanaman modal. 

"LKPM wajib disampaikan pelaku usaha orang perseorangan dan badan usaha secara daring melalui portal pengawasan pada sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA)," jelasnya. 

Sambung dia, setiap pelaku usaha harus mempunyai admin sistem OSS-RBA agar setiap perubahan data perusahan beserta realisasi LKPM dapat terus diperbaharui melalui portal http://oss.go.id

"Semoga target pencapaian realisasi investasi di Babel bisa terus meningkat dan berkelanjutan di tahun berikutnya dan seluruh pelaku usaha yang berinvestasi terus mendukung program Pemerintah di bidang investasi," harap Ermedi saat ditemui usai melaksanakan kegiatan P3M di PT. WELL Bakery, Jalan Air Saga No. 89, Kecamatan Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, Rabu (27/7/2022) siang. 

Dalam kegiatan P3M tersebut, dilakukan penyerahan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang telah ditandatangani tim kegiatan P3M DPMPTSP Babel dan pihak pelaku usaha. 

Kegiatan P3M di Kabupaten Belitung dilaksanakan di sejumlah pelaku usaha PMA dan PMDN, yakni : PT. WELL Bakery, PT. Karya Mulia Nugraha, PT. Famindo Internasional, dan PT. Kaolindo Sakti Perkasa yang melibatkan dua tim kegiatan P3M. 

Dalam kegiatan P3M ini, Ermedi didampingi Sub Koorodinator Pelaksanaan Promosi Penanaman Modal, Rudi Hartono, Analis Dokumen Perizinan, M. Rezki Hadiyansah, Pengelola Program dan Kegiatan, Lanaro Bername, dan Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi, Agus Purnama. 

 

 

Penulis: 
Agus Purnama
Sumber: 
DPMPTSP