Kemenpan RB Lakukan Evaluasi Standar Pelayanan Publik di DPMPTS Bangka-Belitung

Pangkalpinang--Tim Penilai Kementerian Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan evaluasi unit penyelengggraan pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Tertpadu Satu Pintu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada (16/09/2020).

Kedatangan tim ini disambut oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayananan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perryanis berserta jajarannya.  Tim ini tiba di DPMPTSP sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung melakukan evaluasi di ruang rapat DPMPTSP dengan didampingi oleh Tim dari Biro Organisasi Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ellyana mengatakan, evaluasi pelayanan publik ini dalam rangka memastikan unit kerja penyedia publik apakah sudah mematuhi standar pelayanan publik yang ditetapkan oleh lembaga pelayanan publik sesuai degan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Setidaknya ada enam aspek yang menentukan ukuran standar pelayanan yang diberikan oleh sebagian dari pelayanan publik yaitu profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi publik, mekanisme konsultasi dan pengaduan serta inovasi pelayanan publik.

Sementara menurut tim evaluasi dari Kemenpan RB, Fanooeel Thamrin untuk DPMPTSP Provinsi Bangka Belitung ini ada beberapa catatan dalam penilaian penyelenggaraan pelayanan publik PTSP yakni perlu adanya publikasi mengenai seluruh layanan perizinan termasuk syarat yang didesain semenarik mungkin, simpel dan mudah diakses oleh masyarakat.

Untuk maklumat yang digunakan diruang pelayanan perlu adanya revisi yang disesuaikan dengan PermenPAN RB nomor 15 tahun 2014 tentang pedoman standar pelayanan.  Sedangkan dari sisi sarana dan prasarana yang perlu diperhatikan adalah kebersihan toilet dalam ruang tunggu terutama toilet difabel yang disarankan untuk dicat berwarna kuning dan perlu adanya tong sampah disetiap toilet.

Khusus untuk penyandang disabilitas disarankan agar DPMPTSP membuat standar aksesibilitas jalur pemandu berupa ubin pengarah yang akan menuntun pemohon ke meja layanan. Lebih lanjut jika dilihat dari sisi desain website DPMPTSP perlu  dibuat sesederhana mungkin dengan lebih mengedepankan gambar dibandingkan teks agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Untuk Inovasi yang telah dilakukuan oleh DPMPTS diharapakn dapat diimplementasikan dan inovasi itu juga sebainya diikut sertakan pada perlombaan Inovasi Pelayanan Publik.

Menanggapi masukan dari tim evaluasi Kemenpan RB, Kepala DPMPTSP Perryanis mengaku akan segera menindaklanjuti hasil evaluasi dari tim evaluasi ini sesegera mungkin. 

Penulis: 
Evani (Pranata Humas)
Sumber: 
DPMPTSP